Alamat Jl. Tenis No.10 Kraksaan - Probolinggo
Telp/ Fax (0335) 841306
Email Us admin@smkn1kraksan.sch.id

Rekayasa Perangkat Lunak

Kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 1 Kraksaan bertujuan untuk mempersiapkan siswa menjadi tenaga terampil dibidang pemograman software. Siswa dibekali kemampuan dasar instalasi hardware dan software komputer, penguasaan bahasa pemograman (Java, C++, PHP, dsb), dan pengolahan database (Microsoft Acces, MySQL, dsb) sehingga diharapkan siswa dapat kompeten dalam :

  1. Merakit, Menginstalasi, Merawat, dan Memperbaiki Personal Computer (PC)
  2. Menerapkan teknik elektronika berbasis analog dan digital dasar
  3. Menginstalasi sistem operasi dan menginstalasi aplikasi-aplikasi komputer baik opened source ataupun closed source.
  4. Merancang dan membuat basis data
  5. Menginstalasi jaringan lokal dan mengoperasikan jaringan wired dan wireless
  6. Merancang, membuat, mengelola dan memelihara aplikasi website dinamis
  7. Merancang, membuat, mengelola dan memelihara basis data dan aplikasi berbasis desktop client-server.
  8. Merancang berbagai perangkat lunak berbagai platform dengan berbagai teknik pemodelan perangkat lunak.

Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer dan membuat aplikasi berbasis desktop maupun web

Rincian Unit Kompetensi atau Uraian Tugas untuk KKNl Level II pada Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak adalah sebagai berikut :

NO KODE UNIT JUDUL UNIT
KOMPETENSI UMUM DAN INTI
1 LOG.OO01.001.01 Melakukan komunikasi timbal balik
2 LOG.OO01.002.01 Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja
3 LOG.OO01.004.01 Merencanakan tugas rutin
4 LOG.OO02.001.01 Menerapkan sistem mutu
5 LOG.OO02.003.01 Melakukan pekerjaan yang membutuhkan kerja-sama tim
6 TIK.OP01.002.01 Mengidentifikasi aspek kode etik dan HAKI dibidang TIK
KOMPETENSI PILIHAN / FUNGSIONAL
7 J.620100.004.02 Menggunakan Struktur Data
8 J.620100.005.02 Mengimplementasikan User Interface
9 J.620100.007.01 Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas
10 J.620100.009.01 Menggunakan Spesifikasi Program
11 J.620100.010.01 Menerapkan Perintah Eksekusi Bahasa, Pemro-graman Berbasis  Teks, Grafik, dan Multimedia
12 J.620100.011.01 Melakukan Instalasi Software Tools Pemrogram-an
13 J.620100.012.01 Melakukan Pengaturan Software Tools Pemro-graman
14 J.620100.017.01 Mengimplementasikan Pemrograman Terstruk-tur
15 J.620100.018.02 Mengimplementasikan Pemrograman Berorien-tasi Objek
16 J.620100.020.02 Menggunakan SQL
17 J.620100.022.02 Mengimplementasikan Algoritma Pemrograman
18 J.620100.023.02 Membuat Dokumen Kode Program
19 J.620100.025.02 Melakukan Debugging
20 J.620100.030.02 Menerapkan Pemrograman Multimedia
21 J.620100.033.02 Melaksanakan Pengujian Unit Program
22 J.620100.042.01 Melaksanakan Konfigurasi Perangkat Lunak Sesuai Environment Development, Staging, Production)
23 J.620100.046.01 Melakukan Logging Aplikasi